Daftar IKRAP

PERHATIAN !!
PEMBERIAN  CALLSIGN /10-28  ADALAH KEWENANGAN LANGSUNG SDPPI KOMINFO RI BUKAN KEWENANGAN WILAYAH, DAERAH, ATAU NASIONAL.

I.   IKRAP BARU
 A.  BAGAIMANA PROSES MENDAPATKAN IKRAP BARU ?

  1. Mendaftar secara online dengan membuat akun e-Licensing di website perizinan daring SDPPI (https://iar-ikrap.postel.go.id).
  2. Panjang username minimal 6 karakter dan maksimal 30 karakter (hanya bisa terdiri dari alphabet, angka, titik, dan garis bawah). Password yang di input harus memiliki minimal 1 angka, 1 huruf besar, dan 1 huruf kecil dengan jumlah 8 karakter.
  3. Sistem akan mengirimkan notifikasi melalui alamat email yang terdaftar untuk konfirmasi registrasi akun.
  4. Pemohon wajib melakukan konfirmasi dengan klik tautan yang dikirimkan oleh sistem ke email pemohon.
  5. Pemohon login dengan akun yang telah terverifikasi
  6. Klik “Permohonan Baru IKRAP”
  7. Melengkapi isian data pemohon, dengan melampirkan :
    • Pas Foto Resmi Terbaru (file max 512 kb), dengan latar belakang biru.
    • Scan KTP (file max 512 kb)
  8. Sistem akan menerbitkan invoice/SPP yang dikirim melalui email atau akun eLicensing pemohon.
  9. Pemohon melakukan pembayaran invoice/SPP secara online melalui sistem host to host pada Bank yang ditunjuk oleh Pemerintah (Bank Mandiri, BNI, BRI).
  10. Sistem menerbitkan IKRAP secara otomatis setelah dilakukan pembayaran, dan dapat di unduh langsung di akun e-Licensing pemohon.
ALUR PROSES PERIZINAN IKRAP BARU. (PM Kominfo Nomor 17 tahun 2018) Pemohon. Ditjen SDPPI. tdk lengkap. Permohonan IKRAP baru dilakukan secara online melalui sistem perizinan daring SDPPI; Invoice (SPP) dicetak setelah verifikasi data lengkap oleh sistem; Pembayaran biaya IKRAP dilakukan online via Bank (Host to Host) paling lambat. 3 hari sejak terbit SPP. IKRAP diterbitkan di hari yg sama s/d 1 hari sejak dilakukan pembayaran biaya IKRAP. Alokasi Callsign otomatis oleh system. Pemohon wajib menjadi anggota Organisasi paling lambat 30 hari sejak diterbitkan IKRAP; Organisasi melakukan verifikasi keanggotaan ke dalam system dalam waktu 30 hari sejak diterbitkan IKRAP. 1. DaftarOnline. System. (e-Sertifikasi. Amrad & KRAP) 2. Pemohon. Verifikasi. Persyaratan. (Via Website) 3. Lengkap. Bayar Biaya. IKRAP (H2H) Cetak. Invoice Terbit IKRAP. unduh. IKRAP Daftar Keanggotan. Ke Organisasi. Note : Cek FAQ pada website perizinan SDPPI, bagian penerbitan IKRAP.

B. APA YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH IKRAP BARU DITERBITKAN ?

Sesuai Peraturan Menteri KOMINFO No. 17 Tahun 2018 Pasal 79 bahwa Setiap Penggiat KRAP wajib menjadi anggota RAPI, paling lama 30 (tiga puluh) hari kerja sejak IKRAP diterbitkan, dan Pasal 83 bahwa Direktur Jenderal mencabut izin apabila melanggar ketentuan Pasal 79 setelah diberikan peringatan tertulis sebanyak 2 (dua) kali berturut-turut dengan tenggang waktu peringatan masing-masing 15 (lima belas) hari.

Karena adanya regulasi ini, kami dari jajaran pengurus Wilayah 20 Pasuruan menetapkan aturan buat pendaftar IKRAP mandiri berkas beserta biaya administrasi harus sudah diterima maksimal 14 hari setelah IKRAP diterbitkan. Jika tidak maka dengan sangat berat hati kami menyatakan berkas tidak diterima dan silahkan melanjutkan proses sendiri. Hal ini demi menghindari hangusnya e-Licensing IKRAP anggota/calon anggota dan pengurus yang disalahkan karena dianggap lalai dalam menjalankan tugas.

Untuk mendaftar menjadi anggota RAPI silahkan klik tautan berikut ini untuk daftar secara daring (on-line) IKRAP Baru/Perpanjangan (pastikan anda sudah login lebih dulu ke gmail).

Jika merasa kesulitan Untuk mendaftar IKRAP mandiri, maka bisa menghubungi pengurus wilayah ( Ketua JZ13UHT / Sekretaris JZ13EGK ) untuk mendaftar IKRAP Non-Mandiri sekaligus menjadi anggota RAPI.

NB :

  • Untuk yang mendaftar via PC jika form pendaftaran tidak keluar, pastikan anda login dulu ke gmail kemudian klik link diatas. Untuk yang menggunakan android / iPhone jika mengalami kendala, pastikan anda sudah login terlebih dahulu ke akun gmail.

II.   IKRAP PERPANJANGAN 

A.  BAGAIMANA CARA MEMPERPANJANG MASA LAKU IKRAP ?

  1. Pemegang IKRAP dapat mengunggah persyaratan rekomendasi organisasi paling lambat 1 (satu) hari sebelum invoice/SPP perpanjangan IKRAP diterbitkan secara otomatis oleh sistem.
  2. Sistem akan menerbitkan invoice/SPP perpanjangan IKRAP dalam waktu 2 (dua) bulan sebelum masa laku IKRAP berakhir, yang dikirimkan langsung ke pemegang IKRAP melalui email atau akun e-licensing serta ke Pengurus Nasional RAPI dan Pengurus RAPI Provinsi masing-masing.
  3. Invoice/SPP dibayarkan oleh pemegang IKRAP secara online melalui sistem host to host pada Bank yang ditunjuk oleh Pemerintah (Bank Mandiri, BNI, BRI) sampai dengan batas waktu masa laku invoice/SPP berakhir.
  4. IKRAP perpanjangan dapat diunduh langsung melalui akun e-Licensing masing-masing setelah dilakukan pembayaran
ALUR PROSES PERPANJANGAN IKRAP. (PM Kominfo Nomor 17 tahun 2018) DITJEN SDPPI. Pemohon. Perpanjangan IKRAP (reminder oleh sistem) ke pemegang IKRAP 2 bulan sebelum masa laku berakhir; Biaya perpanjangan dibayarkan secara online (Host to Host) setelah mendapat rekomendasi Organisasi & paling lambat 1 hr sebelum masa laku IKRAP berakhir ; IKRAP diterbitkan di hari yang sama s/d 1 hr setelah dilakukan pembayaran. 1. System. (e-Sertifikasi. Amrad & KRAP) Reminder. Perpanjangan. 2. Pemohon / Anggota. Rekomendasi Organisasi. (Online. Via ) System. Cetak Invoice Pembayaran. H2H. 5. Terbit. IAR /IKRAP. Pemohon unduh IKRAP. & Daftar Keanggotaan. Ke Organisasi. Note : Cek FAQ pada website perizinan SDPPI, bagian penerbitan IKRAP.

B.   SETELAH MENDAPATKAN IKRAP PERPANJANGAN, APA YANG SELANJUTNYA HARUS DILAKUKAN?

Perpanjangan masa berlaku IKRAP bisa dilakukan dengan cara Mandiri maupun Non-Mandiri. Untuk yang merasa kesulitan melakukan dengan cara Mandiri, bisa menghubungi pengurus wilayah untuk dibantu prosesnya.

Untuk yang Mandiri setelah IKRAP perpanjangan keluar, selanjutnya hubungi pengurus wilayah ( Ketua JZ13UHT / Sekretaris JZ13EGK ) untuk melengkapi berkas administrasi sekaligus REGISTRASI ulang. Atau klik tautan berikut ini untuk daftar registrasi daring (on-line) IKRAP Baru/Perpanjangan (pastikan anda sudah login lebih dulu ke gmail).

NB :

  • Untuk yang mendaftar via PC jika form registrasi tidak keluar, pastikan anda login dulu ke gmail kemudian klik link diatas. Untuk yang menggunakan android / iPhone jika mengalami kendala, pastikan anda sudah login terlebih dahulu ke akun gmail.